Ini Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan, Jangan Pernah Dicoba Bunda!

Ini Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan

Banyak orang saat sarapan memilih untuk mengonsumsi makanan sisaan malam sebelumnya untuk menghemat waktu. Entah sebelumnya disimpan dalam kulkas atau suhu ruangan kemudian dihangatkan kembali dengan microwave atau menggoreng ulang.

Beberapa makanan jika dibiarkan terlalu lama akan mudah terkena kontaminasi bakteri yang membuat tubuh menjadi lemas bahkan keracunan makanan.]

Berikut beberapa makanan yang tak boleh dihangatkan saat ingin sarapan:


1. Kentang

Kentang nampaknya begitu menyehatkan, tetapi jika telah dimasak, bakteri jenis Clostridium botulinum akan rentan muncul saat dibiarkan terlalu lama pada suhu ruangan.

Meski dihangatkan dengan membungkusnya dengan aluminium foil dalam suhu panas selama 30-60 detik, bakteri yang terdapat dalam kentang sisaan semalam tidak akan hilang.

2 Telur

"Kebanyakan telur mengandung bakteri salmonella," kata Kantha Shelke, ahli kesehatan dan peneliti dari Corvus Blue, Amerika Serikat. Kebanyakan orang menghangatkan telur dengan menggunakan microwave atau digoreng kembali menggunakan api kecil yang tidak mampu membunuh bakteri.

Selain itu, menyimpan telur dalam suhu ruangan untuk jangka waktu yang lama dapat menjadi sebab tumbuhnya bakteri. Tentu saja, telur selalu terasa enak jika dikonsumsi langsung. Jadi, jangan menjadikan telur sebagai pilihan sarapanmu jika sisaan semalam.

3. Ayam

Seperti telur, ayam juga rentan terkena salmonella dan tentu saja menyimpannya dalam suhu ruangan bisa meningkatkan munculnya bakteri pada makanan tersebut. Menghangatkannya dengan microwave atau digoreng kembali tidak menjadikan bakteri tersebut menghilang dengan mudah.

Ayam goreng sebenarnya bisa dihangatkan sekali jika suhu yang dipakai lebih dari 165 derajat celsius. Namun, ayam tidak boleh dipanaskan berulang kali agar perutmu tidak sakit setelah memakannya.]

4. Nasi Goreng

Banyak orang yang membeli nasi goreng di malam hari untuk dikonsumsi saat sarapan agar menghemat waktu khususnya jika memiliki agenda di pagi hari dan disimpan dalam lemari es. Padahal, nasi goreng yang telah disimpan dalam lemari es kemudian dihangatkan kembali akan membuat seseorang mudah keracunan makanan.

Nasi goreng sebaiknya dimakan paling lama dua jam setelah dibeli. Jangan terlalu lama apalagi disimpan dalam kulkas.

Semoga anda paham bahanyanya.

0 Response to "Ini Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan, Jangan Pernah Dicoba Bunda!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel