Cara Mengatasi Kerontokan Rambut

Cara Atasi Rambut Rontok

Jangan biarkan rambut Anda rontok satu persatu karena rambut adalah mahkota yang harus dijaga agar selalu indah. Rambut rontok tentu merupakan hal yang tidak diinginkan. Namun, jika Anda mengalaminya inilah beberapa hal sebagai penyebabnya;

  1. Nilai gizi makanan yang rendah,
  2. Kulit kepala kurang sehat karena peredaran darah yang kurang lancar
  3. Habis terkena serangan penyakit yang keras seperti typhus, kencing nanah, raja singa, malaria dan penyakit yang menahun
  4. Pengaruh obat atau bahan- bahan kimia tertentu yang dimakan atau diminum oleh si penderita
  5. Pemakaian minyak rambut atau wangi- wangian yang tidak semestinya (tidak cocok)
  6. Habis bersalin atau melahirkan anak
  7. Terlalu kotor atau kelelumur (sindap)
  8. Pengaruh kejiwaan yang mendalam dan berlarut- larut

BACA JUGA: Cara Menurunkan Berat Badan
Beberapa resep untuk mengatasi kerontokan rambut;

RESEP PERTAMA
Bahan:
Daun kacang panjang      1 genggam
Minyak kastor                 2 sendok makan

Cara pemakaian;
Cuci bersih daun kacang panjang kemudian giling hingga halus, kemudian campur dengan minyak kastor. Gunakan untuk menggosok kulit kepala secara merata dan pada sela- sela rambut sambil dipijit- pijit. Lakukan pada sore hari setelah mandi lalu dibungkus dengan handuk. Lakukan secara rutin minimal 1 kali sehari.


RESEP KEDUA
Ambillah segenggam daun bayam, kemudian cuci sampai bersih dan digiling halus. Diberi secangkir air masak lalu tambahkan madu 1 sendok makan, peras dan saring lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.


RESEP KETIGA
Sediakan semangkok air teh kental. Setelah malam hari taruh diluar agar terkena embun. Esok harinya diambil dan sore harinya digunakan untuk membasahi rambut sambil dipijit- pijit dengan ujung jari kemudian bungkus dengan handuk.


RESEP KEEMPAT
Daun lidah buaya 1 buah (secukupnya) dicuci bersih kemudian ambil dagingnya untuk digosokkan pada kulit kepala dengan rata kemudian bungkus dengan handuk.


RESEP KELIMA
Ambil 1 buah kelapa hijau yang masih muda. Pangkas bagian bawah dan atasnya kemudian beri lubang seperlunya. Bubuhkan garam sebesar biji asam. Taruh diluar pada malam hari agar terkena embun. Keesokannya airnya digunakan untuk membasahi kulit kepala sambil dipijit- pijit dengan ujung jari saat mandi lalu bungkus dengan handuk.


RESEP KEENAM 
Siapkan segenggam daun mangkuk atau daun randu kemudian cuci bersih lalu tumbuk hingga halus. Remas dengan 2 gelas air masak diperas dan disaring. Gosokkan pada kulit kepala secara merata sambil dipijit seperlunya kemudian bungkus dengan handuk.



Saran untuk menjaga kesehatan rambut:

  1. Usakan membersihkan rambut sekali seminggu dengan air hangat (suam- suam kuku) dan bias gunakan juga dibersihkan menggunakan shampo kemudian bilas dengan air bersih.
  2. Sering – sering menyisir rambut dari atas kebawah secara pelan – pelan denga sisir yang masih bagus.
  3. Lepaskan ikatan- ikatan rambut saat mau tidur.
  4. Rajin makan sayuran seperti kacang panjang, buncis, bayam, selada air, wortel dan mentimun serta buah- buahan yang masak di pohon (papaya, jeruk manis dan nanas)
  5. Pijatlah kepala secara teratur menggukan minyak zaitun atau jarak



1 Response to "Cara Mengatasi Kerontokan Rambut"

  1. Terimakasih sudah berbagi, artikel ini sangat banyak membantu.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel